TAHAPAN SELEKSI KERJA DAN TIPSNYA

1. SCREENING CV

Ini merupakan proses seleksi pertama, dimana pelamar mengirimkan surat lamaran pekerjaan beserta CV kepada perusahaan yang dilamar. Perusahaan menerima lamaran ini melalui pos, email rekrutmen perusahaan, job online ataupun melalui referal karyawan sendiri.

Apa yang diseleksi pada tahap ini?
1. Kesesuaian pengalaman pekerjaan dengan pekerjaan yang dituju.

2. Foto pelamar (biasanya untuk bagian frontline seperti CS, Resepsionis dll).

3. Back Ground pendidikan dan perusahaan sebelumnya.

4. Gaji saat ini dan yang diharapkan.

Tips pada proses ini;
1. Sebaiknya melamar pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan atau pengalamaan sebelumnya, contoh yang dihindari: IT staff melamar sebagai Accounting Manager atau misal fresh graduate melamar sebagai Manager

2. Sebaiknya foto dengan latar belakang warna merah atau biru, dan dengan gaya yang konservatif atau standar

3. Minta gaji sewajarnya atau sesuai dengan posisi yang dituju, misal: IT staff sekitar 2 – 5 Jt, Finance Manager sekitar 6 – 15 Jt. Ingat perusahan punya budget untuk posisi tersebut dan punya market salary sebagai acuannya.

4. Tulislah Jobs Description dalam CV, jangan hanya tulis posisi sebelumnya tanpa keterangan apa yang dilakukan.

2. PROSES INTERVIEW
Proses ini bisa dilakukan diakhir atau pertama tergantung prosedur masing-masing perusahaan. Proses interview biasanya dilakukan oleh HRD dan Owner (calon Bos Anda). Oleh karena itu, biasanya pertanyaan-nya juga beda. HRD berfokus menggali soft kompentensi seperti komunikasi, leadership, problem solving atau area-area yang perkembangan lainnya, sedang Owner/Staff Manager secara spesifik, fokus pada Technical Kompetensi seperti kemampuan penjurnalan, pengetahuan tentang LAN, dll.

Apa yang diseleksi pada tahap ini?
1. HRD menggali potensi calon karyawan apakah bisa dikembangkan dikemudian hari. Artinya HRD menghindari karyawan yang tidak bisa diupgrade

2. Kesesuaian skill yang dimiliki dengan posisi yang dituju. (Pelamar kuat pada networking sedangkan posisi yang dituju adalah design grafis, nah ini yang meragukan pengambilan keputusan)

3. Kemampuan dalam berkomunikasi, bisa dibayangkan klo interview ga bisa ngomong

Adapun tipsnya;
1. Berpakaianlah yang rapi, sopan dan tidak berlebihan .

2. Saat interview tunjukan antusias, ingin selalu belajar dan aktif berkomunikasi.

3. Pahamilah perusahaan yang dilamar dan posisi yang dituju. (Sejarah perusahaan tersebut dan perkembanganan saat ini)

4. Biasanya HRD menggunakan teknik Behavioral Event Interview, yang anda perlu persiapkan adalah kejadian-kejadian masa lalu yang berhubungan dengan kompetensi problem solving, interpersonal communication, atau kompetensi yang dibutuhkan pada posisi yang dilamar.

3. PSIKOTES / ASSESSMENT CENTER
Proses ini untuk sebagian perusahaan tidak ada, atau pun untuk sebagian posisi dihilangkan, pertanyaan kenapa?
1. karena untuk menjalankan proses ini memerlukan Psikolog dan tidak semua perusahaan memiliki HRD staff yang Psikolog. (jika terpaksa biasanya menggunakan biro Psikologi)

2. Asumsi bahwa untuk posisi level atas telah mengalamai proses psikotes diperusahaan sebelumnya serta pada posisi managerial yang dibutuhkan adalah exposure pada posisi tersebut, Psikotes dianggap tidak relevan.

Apa yang dilihat pada proses ini?
1. Potential Capability atau potensi kemampuan.
2. Kelainan psikologis
3. Tingkat Kompetensi
4. Personality

apa saja tipsnya:
1. Usahakan cukup tidur malam sebelumnya.

2. Sebaiknya tidak percaya dengan mitos-mitos psikotes. Contoh: jawaban harus seimbang antara A dan B, atau diratakan pada perhitungan Krepplin (alat tes yang menghitung angka per baris dengan waktu tertentu).

3. Saat tes personality, anda mesti bisa berpikir terbalik, yaitu jika Anda sebagai HRD, profile personality apa yang sesuai dengan posisi yang dituju.

4. Berlatihlah hitung2an standar matematika, karena biasanya soal-soal yang keluar sebenarnya hanya hitungan-hitunganan dasar, kecuali untuk beberapa posisi tertentu.

4. NEGOSIASI GAJI
Proses ini anda pasti sudah tahu semua, ini proses dimana Perusahaan dan Pelamar melakukan kesepakatan gaji. Gaji pada setiap perusahaan berbeda-beda komponennya, biasanya terdapat tunjangan makan, transport, dll yang anda pegang adalah THP atau take home pay, ini adalah gaji bersih yang anda terima setiap bulannya. Pada beberapa kondisi, untuk posisi tertentu hitunganya tidak hanya per bulan, tetapi anual to anual, dengan mempertimbangkan bonus, insentif dll.

Apa yang perlu diperhatikan dan tipsnya:
1. Tidak berbohong saat menginformasikan angka gaji pada pekerjaan sebelumnya. Jika ketahuan maka proses langsung dihentikan, bahkan jika anda diterima pun, anda bisa dikeluarkan, karena dianggap memanipulasi data dan tidak memiliki integritas.

2. Permintaan salary rasional, misal gaji sekarang Rp 4 Jt, anda pindah ke posisi dan level yang sama, maka angka Rp 5 – 6 Jt cukup rasional.

3. Sampaikan seluruh Gaji yang diterima pada pekerjaan sebelumnya, termasuk semua tunjangan dan keuntungan lainnya.

4. Pastikan kembali sebelum anda menyetujui tawaran pekerjaan, yaitu jumlah gaji dalam setahun, insentif, perhitungan bonus dll.

5. MEDICAL CHECK UP
Proses ini menyeleksi secara fisik keadaan Pelamar, biasanya seleksi ini dilakukan pada posisi yang menuntut kondisi fisik yang kuat, contoh: sales, engineer, pekerja tambang dll. Pada proses ini yang diseleksi adalah penyakit yang dapat mengganggu kondisi fisik dalam bekerja atau rentan menular seperti:
1. Diabetes
2. Hepatitis
3. Penyakit kelamin
4. TBC
5. Jantung
6. Asma dll

Adapun tipsnya, cuma satu yaitu jaga kesehatan, selain itu cukup istirahat dan jangan kebanyakan main game

Bagi anda yang memiliki penyakit tersebut sebaiknya tidak melamar pada posisi yang membutuhkan kondisi fisik yang kuat. Cobalah melamar pada posisi back office, jika anda yang ingin mendapatkan tips-tips sehat agar tubuh sehat dan lolos dalam tahapan Medical Check-Up ini bisa ikuti tipsnya di resep sehat (di klik ya, supaya dapat tips sehat-nya), demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat bagi anda yang akan mencari pekerjaan.

 

 
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s