Telnet

Telnet

Telnet adalah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau jaringan area lokal untuk memberikan interaktif dua arah teks berorientasi fasilitas komunikasi menggunakan virtual terminal koneksi. Data pengguna diselingi di-band dengan informasi kontrol Telnet dalam 8-bit byte berorientasi koneksi data melalui Transmission Control Protocol (TCP).

Telnet dikembangkan pada tahun 1969 awal dengan RFC 15 , diperpanjang di RFC 854 , dan distandarisasi sebagai Internet Engineering Task Force (IETF) Standar Internet STD 8 , salah satu standar Internet pertama.

Secara historis, Telnet menyediakan akses ke antarmuka baris perintah (biasanya, sebuah sistem operasi ) pada remote host. Kebanyakan peralatan jaringan dan sistem operasi dengan stack TCP / IP mendukung layanan Telnet untuk konfigurasi jarak jauh (termasuk sistem berbasis pada Windows NT ). Karena masalah keamanan dengan Telnet, penggunaannya untuk tujuan ini telah berkurang dalam mendukung SSH .

Telnet panjang juga dapat merujuk ke perangkat lunak yang mengimplementasikan bagian klien dari protokol. Aplikasi klien telnet yang tersedia untuk hampir semua platform komputer Telnet juga digunakan sebagai. kata kerja . Untuk telnet berarti untuk membangun koneksi dengan protokol Telnet, baik dengan klien baris perintah atau dengan antarmuka program. Sebagai contoh, sebuah direktif umum mungkin: “Untuk mengubah sandi Anda, telnet ke server, login dan menjalankan passwd perintah. ” Paling sering, pengguna akan telnet ke sebuah Unix-seperti sistem server atau perangkat jaringan (seperti router) dan mendapatkan prompt login ke antarmuka baris perintah teks atau berbasis karakter layar penuh manajer.

Dengan kata lain koneksi dapat terjadi ke mesin lain di satu ruangan, satu kampus, bahkan setiap komputer di seluruh dunia. Setelah terkoneksi, input yang diberikan pada keyboard akan mengontrol langsung ke remote computer tadi. Akan dapat diakses pelayanan apapun yang disediakan oleh remote machine dan hasilnya ditampilkan pada terminal lokal. Dapat dijalankan session interaktif normal (login, eksekusi command), atau dapat diakses berbagai service seperti: melihat catalog dari sebuah perpustakaan, akses ke teks dari USA today, dan masih banyak lagi service
yang disediakan oleh masing-masing host pada di network.
TELNET menggunakan 2 program, yang satu adalah client (telnet) dan server(telnetd). Yang terjadi adalah ada dua program yang berjalan, yaitu software client yang dijalankan pada komputer yang meminta pelayanan tersebut dan software server yang dijalankan oleh komputer yang menghasilkan pelayanan tadi

FUNGSI TELNET:
untuk dapat menghubungkan komputer yang terletak jauh dari komputer kita. Jadi yang dilihat di monitor komputer adalah isi dari komputer yang kita hubungkan tersebut
Tugas dari client adalah:
. Membuat koneksi network TCP (Transfer Control Protocol) dengan server.
. Menerima inputan dari user
. Menformat kembali inputan dari user kemudian mengubah dalam bentuk format
standard dan dikirim ke server.
. Menerima output dari server dalam format standard.
. Mengubah format output tadi untuk ditampilkan pada layar.
– Menginformasikan software jaringan bahwa komputer itu siap menerima
koneksi.
– Menunggu permintaan dalam bentuk format standard.
– Melaksanakan permintaan tersebut.
– Mengirim kembali hasil ke client dalam bentuk format standard.
– Menunggu permintaan selanjutnya..

Telnet menggunakan koneksi pada Port Destination=23. Untuk interaksi banyak
mesin maka dpat diganbarkan sebagai berikut :
*Telnet adalah program yang memungkinkan komputer host Internet anda menjadi
terminal dari komputer host lain di Internet. Dengan ftp anda dapat membuka
koneksi hanya untuk mentransfer file. Telnet memungkinkan anda untuk login
sebagai pemakai pada komputer jarak jauh dan menjalankan program layanan Internet yang disediakan oleh komputer tersebut. Telnet menyediakan akses langsung ke beragam layanan di Internet. Komputer host anda memang menyediakan beragam layanan, namun jika layanan tersebut tidak ada, anda bisa menggunakannya melalui Telnet. Misalnya ketika masyarakat Internet menulis interface untuk membantu pengguna lain, Telnet memungkinkan anda mengakses host mereka dan menggunakan interface yang mereka buat. Demikian juga ketika seorang membuat layanan yang bermanfaat, Telnet memungkinkan anda mengakses sumber daya informasi yang berharga ini.

Cara pengunaan Telnet
Cara penggunaan Telnet ini sangat mudah, anda ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system.

Sejarahnya
Telnet adalah protokol client-server , berdasarkan diandalkan connection-oriented transportasi. Biasanya protokol ini digunakan untuk membuat sambungan ke Transmission Control Protocol (TCP) nomor port 23, di mana sebuah aplikasi server Telnet (telnetd) adalah mendengarkan. Telnet, bagaimanapun, mendahului TCP / IP dan pada awalnya menjalankan lebih dari Program Jaringan Pengendalian (NCP) protokol.

Sebelum 5 Maret 1973, Telnet adalah protokol ad-hoc tanpa definisi resmi. Pada dasarnya, dulu saluran 8-bit untuk pertukaran data 7-bit ASCII. Setiap byte dengan bit set tinggi Telnet adalah karakter khusus. Pada tanggal 5 Maret 1973, Telnet protokol standar didefinisikan di UCLA dengan penerbitan dua dokumen NIC: Telnet Protokol Spesifikasi, NIC # 15372, dan Spesifikasi Opsi Telnet, NIC # 15.373.

Karena arsitektur protokol pilihan negotiable, banyak ekstensi dibuat untuk itu, beberapa di antaranya telah diadopsi sebagai standar Internet , IETF dokumen STD STD 27 sampai 32. Beberapa ekstensi telah diterapkan secara luas dan yang lain mengusulkan standar di jalur standar IETF.

Keamanan
Ketika Telnet awalnya dikembangkan pada tahun 1969, sebagian besar pengguna komputer jaringan berada di departemen komputer lembaga akademik, atau pada umumnya fasilitas penelitian swasta dan pemerintah. Dalam lingkungan ini, keamanan tidak hampir sama banyak perhatian karena menjadi setelah ledakan bandwidth 1990-an. Kenaikan jumlah orang dengan akses ke Internet, dan dengan perpanjangan, jumlah orang yang mencoba untuk hack orang lain server dibuat alternatif dienkripsi jauh lebih dari kebutuhan.

Ahli dalam keamanan komputer , seperti SANS Institute , merekomendasikan bahwa penggunaan Telnet untuk remote login harus dihentikan dalam semua keadaan normal, karena alasan berikut:

*Telnet, secara default, tidak mengenkripsi data yang dikirim melalui koneksi (termasuk password), dan sehingga sering praktis untuk menguping pada komunikasi dan menggunakan password kemudian untuk tujuan jahat; siapa saja yang memiliki akses ke router , saklar , hub atau gerbang terletak pada jaringan antara dua host mana Telnet digunakan dapat mencegat paket yang lewat dan memperoleh login, password dan apa pun yang diketik dengan analisa paket .
*Sebagian besar implementasi Telnet tidak memiliki otentikasi yang akan memastikan komunikasi yang dilakukan antara dua diinginkan host dan tidak dicegat di tengah .
*Umum digunakan Telnet daemon memiliki beberapa kerentanan ditemukan selama ini.

Ini berhubungan dengan keamanan kekurangan telah melihat penggunaan drop protokol Telnet cepat, terutama pada publik internet , yang mendukung Secure Shell (SSH) protokol, pertama kali dirilis pada tahun 1995. SSH menyediakan banyak fungsi telnet, dengan penambahan enkripsi yang kuat untuk mencegah data sensitif seperti password dari yang disadap, dan kunci publik otentikasi, untuk memastikan bahwa komputer remote sebenarnya siapa diklaimnya. Seperti yang terjadi dengan lain protokol internet awal, ekstensi ke protokol Telnet menyediakan Transport Layer Security (TLS) keamanan dan Otentikasi Sederhana dan Layer Security (SASL) otentikasi yang alamat masalah di atas. Namun, implementasi Telnet paling tidak mendukung ekstensi ini, dan telah ada bunga yang relatif kecil dalam menerapkan ini sebagai SSH cukup untuk sebagian besar tujuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s